Mengenal Search Engine Marketing(SEM) Atau Google Ads

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)? SEM atau bisa disebut juga Google Ads adalah salah satu teknik Digital Marketing yang mempunyai cara kerja membuat website anda berada pada peringkat teratas halaman pertama di hasil pencarian Google denga membayar biaya iklan kepada google dengan sistem pembayaran Cost Perr Click (CPC) yang artinya kita hanya akan membayar jika ada orang yang mengunjungi website kita, dengan berada pada peringkat teratas peluang website anda untuk dikunjungi customer anda sangat besar.

Mengapa Harus Menggunakan Search Engine Marketing (SEM)

SEM mempunyai banyak manfaat yang dapat meningkatkan omset perusahaan anda, berikut beberapa keunggulan SEM dibanding media promosi lainnya: 

Dengan SEM anda bisa mengatur budget iklan sesuai dengan keinginan anda, bahkan dengan 100rb saja, anda sudah bisa menjalankan SEM dan mendapatkan hasilnya langsung

Iklan hanya tampil pada orang yang membutuhkan barang/jasa sehingga mereka cenderung ingin membeli atau menggunakan jasa anda​.

Dengan pengaturan iklan yang efektif, perhitungan biaya iklan dibandingkan keuntungan bisnis Anda akan semakin tinggi.​

Anda bisa mengatur untuk menampilkan iklan di lokasi tertentu. Lokasi ini meliputi negara, provinsi, dan kota.

Dengan sering munculnya produk/jasa kita di Search Engine akan membuat perusahaan kita lebih dikenal banyak orang.

Banyak Pebisnis yang belum Memanfaatkan Dahsyatnya Marketing online, Jika anda salah satunya anda akan jauh tertinggal.

Biaya Awal Iklan yang Kecil

Dengan SEM anda bisa mengatur budget iklan sesuai dengan keinginan anda, Namun tentunya semakin besar semakin bagus

Konversi Tinggi

Iklan hanya tampil pada orang yang membutuhkan barang/jasa sehingga mereka cenderung ingin membeli atau menggunakan jasa anda

Return of Investment (ROI) Tinggi

Dengan pengaturan iklan yang efektif, perhitungan biaya iklan dibandingkan keuntungan bisnis Anda akan semakin tinggi.

Kontrol Lokasi Iklan Anda

Anda bisa mengatur untuk menampilkan iklan di lokasi tertentu. Lokasi ini meliputi negara, provinsi, dan kota

Meningkatkan Branding Perusahaan

Dengan sering munculnya produk/jasa kita di Search Engine akan membuat perusahaan kita lebih dikenal banyak orang

Kalahkan Kompetitor

Banyak Pebisnis yang belum Memanfaatkan Dahsyatnya Marketing online, Jika anda salah satunya anda akan jauh tertinggal

Studi Kasus Menggunakan SEM

Untuk meyakinkan anda menggunakan SEM kami akan tunjukan bagaimana cara kerja SEM dapat meningkatkan omset perusahaan anda, sebagai contoh kami akan mengambil studi kasus Dokter Gigi. perhatikan gambar di bawah:

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Pada gambar  website www.indetalclinic.online dan sebuah akun instagram menggunakan SEM yang membuat websitenya berada pada hasil pencarian paling atas di Google dari 4.410.000 halaman website lainnya, hal ini akan membuat website tersebut berpeluang besar untuk dikunjungi calon customer.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Perhatikan nomor pada gambar:
Nomor 1 menunjukan KATA KUNCI yang dituliskan oleh calon customer yaitu “dokter gigi surabaya”

Nomor 2 menunjukan LOKASI TARGET IKLAN yaitu surabaya

Nomor 3 menunjukan BANYAKNYA kata kunci dokter gigi surabaya yang dicari di Google pada bulan desember 2020, dan totalnya sebanyak 6.520 kali.

Nomor 4 menunjukan BIAYA PER KLIK/KUNJUNGAN KE WEBSITE yaitu diangka Rp 710,72 sampai dengan Rp 2.898,63. perlu diperhatikan biaya perklik akan berbeda-beda tergantung kata kunci yang ditarget.

Potensi Kenaikan Omset Menggunakan SEM

Dari data di atas, kami akan mengestimasi berapa kenaikan omset yang akan didapatkan jika menggunakan SEM.

Diketahui:

Keyword “Dokter Gigi Surabaya”
Lokasi “Surabaya”
Banyaknya pencarian 6.520
Biaya iklan per klik Rp.710,72 – Rp.2.898,63 kita ambil tengahnya Rp.1.500.
Asumsi, anda iklan menggunakan SEM dengan budget Rp.1.000.000 maka anda akan mendapatkan klik/kunjungan website sebanyak Rp 1000.000/Rp1.500=660 jika dari 660 orang yang mengunjungi website anda ada 5% saja yang datang berarti ada 33 transaksi dan asumsikan setiap transaksi anda mendapatkan omset Rp 200.000 jadi omset yang akan anda dapatkan dari budget iklan Rp1000.000 adalah 33*200.000 = Rp.6.600.000

KESIMPULAN

Budget Iklan: Rp,1.000.000
Biaya Klik/Kunjungan Website: Rp1500
Banyaknya Kunjungan ke Website: Rp,1.000.000/Rp1.500 = 660
Asumsi Konversi 5% —> 660*5%= 33
Asumsi Biaya Produk/Jasa anda Rp 200.000
Omset = Rp200.000*33 =Rp.6.600.000

Jadi dengan budget iklan sebesar Rp1.000.000 dan biaya produk/jasa anda sebesar Rp200.000 anda berpeluang mendapatkan omset Rp.6.600.000.

Ingat, ini hanya estimasi yang asumsi konversinya hanya 5%, karena pengunjung website dari SEM itu orang-orang yang membutuhkan produk/jasa anda, saya yakin konversinya bisa lebih dari 5%. dan biaya per kliknya Rp1.500, seiring berjalannya waktu biaya klik akan lebih murah.  Jadi omset juga bisa lebih banyak dari hitung-hitungan di atas.

Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi kami, dengan senang hati akan kami bantu mencarikan solusi terbaik untuk kegiatan promosi marketing online anda. Bila dibutuhkan kami akan datang ke tempat anda untuk memberikan penjelasan lebih lanjut